Berita

Perum Jamkrindo Raih ICSB Presidential Award 2018

Berita | Senin, 17 September 2018 08:35

PEKANBARU - Perusahaan Umum (Perum) Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) kantor cabang Pekanbaru, berhasil meraih penghargaan ICSB Indonesia Presidential Award 2018 dari International Council for Small Business (ICSB), pada gelaran Gebyar UKM 2018 di Hotel Tjokro, Pekanbaru, Kamis (14/9/2018) kemarin.

Penghargaan yang diperoleh dari organisasi dunia yang punya kepedulian terhadap usaha kecil mengengah ini diterima Jamkrindo Pekanbaru sebagai apresiasi atas peran dan kontribusinya terhadap kemajuan UKM di wilayah Riau.

Kepala Jamkrindo Pekanbaru Ilham Prasojo mengaku sangat bangga karena lagi-lagi perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang Ia pimpin untuk kantor cabang Pekanbaru, kembali meraih penghargaan.

Ini tidak terlepas atas segala usaha Jamkrindo dan staf perusahaan yang secara bahu membahu membina pelaku UKM dan menyalurkan penjaminan untuk kredit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah masyarakat.

Perum Jamkrindo selama ini telah berhasil menyabet banyak penghargaan dari berbagai lembaga di daerah. Bahkan kata Ilham, untuk kantor pusat sendiri tak sedikit penghargaan yang telah diperolah karena kinerja baik perusahaan atas segala perannya di tengah masyarakat.

Melalui penghargaan-penghargaan yang diterima itu, membuktikan bahwa keberadaan Jamkrindo begitu central dalam membantu dan mendukung kemajuan ekonomi di Indonesia.

"Kalau orang butuh penjamanin kreditnya, datangnya ke Jamkrindo. Itu yang terus menjadi PR kita untuk membuat mindset (pola pikir) masyarakat," katanya.

Baca: Evakuasi Anak Gajah yang Terkena Jerat Babi Liar, Kakinya Luka dan Ditinggal Kelompoknya

Ilham menuturkan, beberapa produk Perum Jamkrindo yang menyasar khusus UMKM salah satunya yakni penjaminan untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR). Salah satu program yang saat ini begitu digadang-gadangkan oleh pemerintah.

"Jadi ini adalah salah satu produk yang langsung bersentuhan dengan UMKM. Kita juga diuntungkan dengan dikembangkannya arah penyaluran oleh pemerintah, dulu KUR hanya untuk modal kerja dan investasi, tapi sekarang dikembangkan sampai 10 macam sektor, ada replanting kelapa sawit dan lain-lain. Dan ini terus kita pacu untuk penjaminannya," papar Ilham.

Dirinya mengaku, produk penjaminan untuk KUR di Perum Jamkrindo pada tahun 2018 terus tumbuh. Perusahaan telah berhasil menjamin sekitar Rp.800 miliar di Riau sampai saat ini, dan akan terus berjalan sampai tutup buku di akhir tahun.

"Target (penjaminan, red) kita di cabang sampai akhir tahun 2018 sekitar Rp.1,2 triliun. Itu artinya kita sudah menjamin sekitar 70 persen untuk KUR ini. Kita masih on the track sampai akhir tahun," terang Ilham.

(Sumber : Tribunnews.com)