PT Jaminan Kredit Indonesia

Telp

(021) 6540335

Gelar Pelatihan di Enam Kota, Jamkrindo Optimis Rangkum 1.200 UMKM

Gelar Pelatihan di Enam Kota, Jamkrindo Optimis Rangkum 1.200 UMKM

Gelar Pelatihan di Enam Kota, Jamkrindo Optimis Rangkum 1.200 UMKM

 

Perum Jamkrindo sebagai satu-satunya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang penjaminan memegang teguh konsistensinya dalam melakukan pendampingan terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah serta Koperasi (UMKMK). Perum Jamkrindo, misalnya, memberikan pelatihan manajemen bagi para pelaku UMKMK agar bisa meningkatkan skala usahanya.

Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto mengatakan,  terbaru, Perum Jamkrindo memberikan pendampingan sekaligus memberikan pelatihan manajemen bagi para pelau usaha UMKM di Yogyakarta. Sebelum di Yogyakarta, Jamkrindo telah melakukan pelatihan serupa di Semarang, Aceh dan Bandung. Jamkrindo melakukan pelatihan Manajemen Usaha dan Keuangan UMKM di Yogyakarta, Rabu 14 November 2018.

“Pendampingan terhadap UMKM diperlukan supaya UMKM bisa meningkatkan skala usaha sehingga kontribusinya terhadap perekonomian nasional secara agregat akan makin besar,”ujar Randi dalam siaran pers. 

Dikesempatan terpisah, Kepala Divisi Manajemen Risiko, Pemeringkatan UMKM, dan Konsultasi Manajemen Jamkrindo Ceriandri Widuri menjelaskan, edukasi ini bertujuan agar UMKM memahami

manajemen keuangan. Sebab salah satu persoalan yang sering dihadapi UMKM adalah mereka masih belum rapi dalam membuat laporan keuangan. "Setelah dilaksanakannya kegiatan pelatihan ini, pelaku usaha diharapkan dapat menerapkan ilmu yang telah diperoleh pada usaha mereka masing-masing," ungkapnya.

Selain memberikan materi pelatihan, Perum Jamkrindo juga melakukan pendataan UMKM. pendataan dilakukan dalam rangka scoring dan pemeringkatan UMKM agar memudahkan Perum Jamkrindo dalam memberikan jaminan kredit. “Dari pendataan dan pelatihan di 6 kota tersebut, kami berharap pada sekitar 1.200 UMKM baru yang datanya bisa masuk ke Perum Jamkrindo,” ujar Ceriandri. 

Sampai dengan akhir tahun, Ceriandri menargetkan bisa melakukan pendataan terhadap 7.213 UMKM. Dengan begitu total ada 11.632 UMKM yang terdata oleh Jamkrindo sejak tahun 2015. “Saat ini, Jamkrindo terus membangun basis data UMKM dengan kualitas data yang baik, update, dan terintegrasi guna mendukung pengembangan dan pembinaan UMKM secara nasional," ungkapnya. 

Perum Jamkrindo didirikan pada 1970 dan dipercaya menjadi lokomotif pertumbuhan usaha mikro, kecil, menengah, dan koperasi (UMKMK) di Indonesia melalui usaha penjaminan. Jamkrindo mencatatkan kinerja penjaminan yang positif hingga triwulan III-2018. Dari sisi kinerja operasional konsolidasi, total realisasi volume penjaminan sampai September tercatat sebesar Rp 126 triliun. Porsi terbesar 80 persen atau Rp 85,18 triliun diperoleh dari penjaminan non kredit usaha rakyat (KUR) dan sisanya Rp 41,30 triliun merupakan penjaminan KUR. (*)

Logo jamkrindo

PT Jaminan Kredit Indonesia

, Indonesia