Berita

Perum Jamkrindo Raih Apresiasi sebagai Penjamin KUR Terbaik

| Jumat, 23 November 2018 07:51

JAKARTA- Perum Jamkrindo mendapatkan apresiasi sebagai penjamin kredit usaha rakyat (KUR) terbaik I dalam ajang KUR Award dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution kepada Direktur Utama Perum Jamkrindo  Randi Anto di Hotel Grand Mercure Kemayoran Kamis, 22 November 2018.

Randi Anto mengatakan bahwa Perum Jamkrindo tidak berhenti berinovasi dan terus mengembangkan produknya untuk kepentingan UMKM. "Penghargaan ini menjadi pendorong bagi Perum Jamkrindo untuk terus berinovasi memberikan layanan yang prima bagi kepentingan UMKM," kata Randi Anto usai menerima penghargaan.. 

KUR Award adalah penghargaan bagi pemerintah daerah penyalur, penjamin, dan pendukung program KUR terbaik. Darmin mengatakan, pemberian penghargaan ini dilakukan untuk memotivasi pemerintah daerah, penjamin, dan pendukung program KUR  agar berperan serta membantu pemerintah dalam penyaluran KUR. 

Proses penilaian penghargaan bagi stakeholder KUR ini dilaksanakan oleh Tim Penilai dan Tim Teknis yang diketuai oleh Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Iskandar Simorangkir dengan anggota perwakilan dari Kementerian Keuangan, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Dalam Negeri, Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, dan Universitas Indonesia.

Adapun kriteria penilaian yang dilakukan oleh Tim Penilai dan Tim Teknis tersebut adalah pemenuhan tugas-tugas terkait program KUR, upaya pendukung penyaluran KUR sektor produksi, dengan penetapan pemenang melalui penilaian aspek kualitatif berdasarkan dokumen, presentasi, dan wawancara.

Program KUR telah mengalami beberapa perubahan, baik skema maupun regulasi. Salah satu perubahan yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk terus mengembangkan UMKM adalah penurunan suku bunga. Suku  bunga KUR pada tahun 2018 ini sebesar  7 persen, turun dari tahun  2017 sebesar 9 persen serta tahun 2015-2016 yaitu 12 persen.

Perubahan skema, regulasi dan sistem informasi tersebut membawa dampak yang positif bagi kinerja program KUR. Dari tahun 2015 sampai dengan 2018, KUR sudah tersalurkan kepada 13.258.016 UMKM dengan total plafon sebesar Rp 317 triliun. Kinerja penyaluran KUR yang baik tersebut juga diikuti dengan terjaganya kualitas KUR yang tercermin dari tingkat NPL KUR sampai tahun 2018 ini sebesar 1.24 persen.

Adapun sampai dengan triwulan  III/2018, penjaminan KUR Perum Jamkrindo mencapai Rp 41,302 triliun dengan UMKM yang telah dijamin sebanyak 1,65 juta UMKM. (Humas)