PT Jaminan Kredit Indonesia

Telp

(021) 6540335

Perum Jamkrindo Terus Tumbuhkan Semangat Kewirausahaan

Perum Jamkrindo Terus Tumbuhkan Semangat Kewirausahaan

Perum Jamkrindo Terus Tumbuhkan Semangat Kewirausahaan

 

MAUMERE – Perum Jamkrindo berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam menumbuhkan semangat kewirausahaan di masyarakat. Komitmen itu antara lain diimplementasikan melalui seminar di Universitas Nusa Nipa Maumere serta Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka, Nusa Tenggara Timur.

Selain karena bisnis intinya terkait dengan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), komitmen mengembangkan UMKM dan menumbuhkan semangat kewirausahaan juga dilatarbelakangi oleh tingginya serapan tenaga kerja dari sektor ini. Sementara kontribusi UMKM terhadap perekonomian masih relatif kecil.

Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto menjelaskan, pengembangan UMKM dan menumbuhkan semangat kewirausahaan selaras dengan upaya untuk meningkatkan peran dalam perekonomian. ”Ini merupakan kontribusi nyata perusahaan untuk hadir di tengah masyarakat dan bersama-sama dengan masyarakat ingin meningkatkan kontribusinya bagi negeri," ujar Randi Anto.

Perum Jamkrindo melakukan berbagai upaya dalam rangka meningkatkan semangat kewirausahaan dan memperluas skala usaha UMKM. Kegiatan yang telah dilaksanakan, antara lain pemeringkatan UMKM dan konsultasi manajemen, program kemitraan dan bina lingkungan, serta sejumlah kegiatan lain yang dilaksanakan melalui kerja sama dengan banyak pihak.

Kegiatan terbaru yang dilaksanakan oleh Perum Jamkrindo dalam rangka meningkatkan semangat kewirausahaan adalah melalui kuliah umum di perguruan tinggi oleh Direktur MSDM, Umum, dan Kepatuhan Perum Jamkrindo Sulis Usdoko di Maumere dan Larantuka, Kamis dan Jumat, 28-29 Maret 2019. Pada Kamis, Sulis Usdoko memberi kuliah umum di Maumere, sementara pada Jumat dilanjutkan dengan kuliah umum di Larantuka.

Kegiatan tersebut sekaligus merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka menyongsong Hari Ulang Tahun Perum Jamkrindo ke-49 pada 1 Juli melalui kegiatan Jamkrindo Peduli Pendidikan. Menurut Sulis, untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan, ada beberapa hal yang akan terkait, antara lain kepemimpinan dan  perubahan lingkungan bisnis.

    ”Semangat berwirausaha harus terus didorong karena kewirausahaan itu mesti bisa menjawab persoalan dengan solusi yang berasal dari ide baru. Ada kesempatan, lalu menawarkan solusi dengan ide baru untuk menjawab persoalan,” ujar Sulis.

    Kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang berubah, menurut Sulis sangat penting, termasuk perubahan lingkungan bisnis akibat revolusi industri 4.0. ”Perubahan lingkungan bisnis akan terus terjadi. Kemampuan untuk beradaptasi terhadap perubahan lingkungan akan menentukan eksistensi usaha. Ke depan, perubahan lingkungan harus dianggap sebagai sesuatu yang biasa, tetapi yang paling penting adalah respons dan adaptasi terhadap perubahan lingkungan bisnis tersebut,” kata Sulis.

    Selain perubahan lingkungan bisnis, faktor kepemimpinan juga sangat penting bagi tumbuhnya semangat kewirausahaan. Kemampuan memimpin diri yang kuat akan menentukan keberhasilan sebuah usaha dan harus terwujud dari ide-ide sederhana.

    Kuliah umum di Universitas Nusa Nipa diikuti oleh sekitar 800 mahasiswa. Rektor Universitas Nusa Nipa Angelinus Vincencius mengatakan, kuliah umum bertema kewirausahaan sangat penting untuk memompa semangat mahasiswa dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis. Melalui kuliah umum tersebut, mahasiswa diharapkan bisa memahami model pengembangan diri yang tepat dan memberi bekal pengetahuan untuk menjadi wirausaha.

    ”Kami mengucapkan terima kasih kepada Perum Jamkrindo yang memiliki kepedulian terhadap pengembangan UMKM dan kewirausahaan, termasuk melalui kuliah umum di kampus. Pengembangan UMKM merupakan tanggung jawab bersama sehingga kolaborasi Unipa dan Perum Jamkrindo merupakan strategi yang tepat untuk merespons perubahan lingkungan bisnis,” kata Angelinus. (*)

Logo jamkrindo

PT Jaminan Kredit Indonesia

, Indonesia