GCG

Kebijakan GCG Perusahaan

PT. Jaminan Kredit Indonesia sebagai Perusahaan penjaminan memandang bahwa penerapan GCG bukan sekadar mematuhi ketentuan yang ditetapkan oleh Regulator, melainkan mendapatkan kepercayaan dari Stakeholders. Oleh karena itu, PT. Jaminan Kredit Indonesia telah berkomitmen untuk menerapkan perbaikan berkelanjutan dengan tetap mengacu Peraturan Menteri BUMN Nomor: PER-01/MBU/2011 dan Peraturan Menteri BUMN Nomor: PER-09/MBU/2012 tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance).

 

Guna memastikan kegiatan operasional telah dijalankan dan dikendalikan dengan baik sesuai dengan tujuan Perusahaan, organ Perusahaan senantiasa berupaya untuk mengimplementasikan Tata Kelola Perusahaan yang Baik atau Good Corporate Governance (GCG) secara konsisten dan menyeluruh serta mengacu pada peraturan perundangan yang berlaku, dengan tetap memperhatikan kepentingan stakeholders lainnya. Pada konsep pembangunan berkelanjutan, atau sustainability development, GCG menjadi salah satu pilar utama yang diharapkan mampu membentuk fondasi iklim investasi yang sehat. Lebih jauh, GCG telah menjadi salah satu faktor fundamental bagi investor dalam menilai kinerja perusahaan yang berkelanjutan hingga masa masa mendatang.

 

Komitmen penerapan Tata Kelola Perusahaan (Good Corporate Governance/GCG) merupakan bagian proses transformasi dan hal yang mutlak bagi PT. Jaminan Kredit Indonesia. Hal tersebut dilakukan melalui penguatan infrastruktur yang dimiliki dan secara berkesinambungan meningkatkan sistem dan prosedur untuk mendukung efektivitas pelaksanaan GCG PT. Jaminan Kredit Indonesia.

 

Hal ini dibuktikan dengan Capaian assessment penerapan GCG PT. Jaminan Kredit Indonesia pada Tahun Buku 2020 mencapai 96,810 yang meningkat dari Tahun Buku sebelumnya dengan skor 95,804. Kenaikan ini secara umum dikarenakan adanya peningkatan wujud komitmen PT. Jaminan Kredit Indonesia dalam penerapan GCG. Penerapan GCG di PT. Jaminan Kredit Indonesia dapat menjadi budaya yang ter-internalisasi di setiap Insan Perusahaan serta standar prosedur operasional yang dijalankan.

 

 
 
PT. Jaminan Kredit Indonesia secara berkesinambungan melakukan langkah-langkah perbaikan baik dari sisi soft structure maupun dari sisi infrastructure GCG dalam rangka meningkatkan kualitas penerapan GCG. PT. Jaminan Kredit Indonesia telah menerbitkan dokumen-dokumen pendukung dalam penerapan GCG seperti Pedoman GCG, Board Manual, dan Pedoman Perilaku (Code of Conduct). Dewan komisaris juga telah memiliki organ pendukung yaitu Komite-komite Dewan Komisaris yang berperan dalam membantu meningkatkan efektivitas pelaksaaan fungsi pengawasan yang dilakukan oleh Dewan Komisaris.

 

Link Download:

1.       Board Manual

2.       Pedoman GCG

3.       Code of Conduct

 

Perjalanan Assesment PT. Jaminan Kredit Indonesia

Sekilas riwayat proses penilaian penerapan GCG Perusahaan adalah sebagai berikut:

 

 
 


Road Map: Rencana Pengembangan Tata Kelola Perusahaan yang Baik

PT. Jaminan Kredit Indonesia memiliki Roadmap dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip GCG guna mencapai Good Corporate Citizen dengan mekanisme di bawah ini:

 

 

KOMITMEN

Dalam penerapan prinsip-prinsip GCG tersebut, seluruh Insan PT. Jaminan Kredit Indonesia berkomitmen untuk tunduk dan patuh terhadap seluruh peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, serta yang berlaku umum. Dukungan dari manajemen memberikan peran besar dalam menentukan arah dan tujuan penerapan GCG di PT. Jaminan Kredit Indonesia. Dalam praktiknya, Manajemen PT. Jaminan Kredit Indonesia menjadi contoh bagi karyawan untuk terus berkomitmen dalam penerapan GCG yang berkelanjutan. Perum Jamkrindo akan menerapkan prinsip-prinsip GCG dalam setiap proses bisnis dan melakukan penyempurnaan perangkat pendukung GCG.

 

SISTEM

Dalam mendukung komitmen GCG yang berkelanjutan di PT. Jaminan Kredit Indonesia, maka diperlukan sistem operasional perusahaan yang dapat bekerja secara efektif dan efisien melalui kepatuhan terhadap perundang-undangan yang berlaku, sistem pengendalian internal yang memadai dan pengelolaan manajemen risiko yang baik serta penerapan sistem pelaporan pelanggaran yang efektif.

 

BUDAYA

Nilai-nilai budaya PT. Jaminan Kredit Indonesia merupakan landasan bagi Insan Perusahaan dalam bekerja agar lebih jelas dan terstruktur. Dalam rangka penerapan GCG PT. Jaminan Kredit Indonesia maka seluruh Insan Perusahaan berkomitmen untuk menerapkan nilai-nilai budaya perusahaan yang selaras dengan prinsip-prinsip GCG.