Berita

Beri Dukungan Penyaluran KUR Perikanan Rakyat

Berita | Senin, 25 Maret 2019 07:44

Perum Jamkrindo berpartisipasi dalam acara Penyaluran KUR Perikanan Rakyat di Pelabuhan Morodemak, Kabupaten Demak, Minggu, 24 Maret 2019. Pada Acara yang dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution itu, Perum Jamkrindo menyalurkan bantuan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) berupa bantuan pelatihan santri, bantuan kedai kopi dan bantun freezer nelayan, bantuan pelatihan budidaya ikan kerapu, bantuan mesin penarik kapal dan lain-lain.

Bantuan diserahkan langsung oleh Direktur Bisnis Penjaminan Amin Mas’udi di Demak. Selain di Demak, Perum JAmkrindo juga menyerahkan bantuan di beberapa lokasi lain seperti Kendari, Cirebon, dan Mataram dengan total bantuan senilai Rp 119,7 juta. "Perum Jamkrindo sebagai penjamin KUR tetap berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam memberdayakan UMKM,” ujar Amin.

Melalui usaha penjaminan bagi KUR, lanjut Amin Mas'udi, Perum Jamkrindo ingin bersama-sama dengan stakeholder untuk memastikan bahwa UMKM bisa berperan signifikan sebagai tulang punggung perekonomian nasional. "Kami sangat antusias sekali untuk terlibat dalam acara KUR Perikanan rakyat serentak di enam provonsi," ujar Amin.

Pemerintah seperti diketahui kembali menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Perikanan Rakyat secara serentak di sentra nelayan dan budi daya ikan di enam provinsi. Keenam provinsi tersebut adalah Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Sulawesi Tenggara.

Sektor perikanan telah menjadi sektor ekonomi kerakyatan yang mendapatkan fasilitas skema KUR khusus sejak 2015 selain sektor perkebunan dan peternakan. Hingga Februari 2019, penyaluran KUR Sektor Perikanan secara nasional mencapai Rp 5,2 triliun kepada 220.000 debitur. (*)