PT Jaminan Kredit Indonesia

Telp

(021) 6540335

IFG Lakukan Serangkaian Kegiatan Sosial Dukung Labuan Bajo Jadi Destinasi Super Prioritas

IFG Lakukan Serangkaian Kegiatan Sosial Dukung Labuan Bajo Jadi Destinasi Super Prioritas

IFG Lakukan Serangkaian Kegiatan Sosial Dukung Labuan Bajo Jadi Destinasi Super Prioritas

Labuan Bajo - Indonesia Financial group (IFG) bersama segenap anak usahanya, melakukan serangkaian kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai rangkaian kegiatan menyambut penyelenggaraan IFG Labuan Bajo Marathon 2022 yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 29 Oktober 2022.

Direktur Utama IFG, Robertus Billitea mengatakan, kegiatan sosial yang dilakukan IFG di Labuan Bajo diprioritaskan kepada program-program yang sifatnya berkelanjutan dan memiliki dampak besar bagi masyarakat dan sejalan dengan prinsip penciptaan Creating Shared Value (CSV) yang menempatkan penciptaan nilai ekonomi (economic value) dan nilai sosial (social value) secara bersama-sama. Adapun beberapa kegiatan yang dilakukan antara lain bantuan pendidikan, lingkungan, kesehatan dan pemberdayaan usaha mikro kecil (UMK).

Dalam bantuan pendidikan misalnya dilakukan bantuan renovasi sekolah untuk sekolah dasar, pembuatan taman bacaan, bantuan beasiswa dan bantuan sertifikasi guru. Di bidang lingkungan dilakukan kegiatan literasi anti sampah plastik, gerakan bersih-bersih pantai dengan melibatkan  warga sekitar, penyediaan sarana dan prasarana kebersihan,  tempat pilah sampah dan bantuan motor pengangkut sampah. Sedangkan dalam bidang pengembangan UMK dilakukan pelatihan dan bantuan wirausaha kepada pelaku UMKM, pameran UMKM dan pesta rakyat dan budaya.

“Kegiatan IFG Labuan Bajo Marathon merupakan upaya kami untuk mendorong peningkatan perekonomian dan mendukung pemerintah mempromosikan Labuan Bajo sebagai Destinasi Super Prioritas (DSP). Serangkaian kegiatan sosial yang kami lakukan di Labuan Bajo diharapkan dapat memberikan dampak bagi  peningkatan perekonomian lokal dan kesejahteraan masyarakat sekitar,” ujar Robertus.

Adapun pada Sabtu (24/09/2022), dilakukan kegiatan literasi dan edukasi sampah plastik dan juga kegiatan bersih-bersih pantai di waterfront Labuan Bajo yang melibatkan para guru paud, siswa/i sekolah, karang taruna dan komunitas pegiat lingkungan setempat dengan total sebanyak 150 peserta.

Literasi dan edukasi bertajuk ‘Membangun Ekosistem Labuan Bajo berbasis Kampanye Anti Sampah Plastik’ diharapkan dapat membantu meminimalisir pembuangan sampah plastik serta menambah pengetahuan masyarakat dalam mengelola sampah plastik menjadi barang yang bernilai ekonomis dan memanfaatkan limbah plastik secara kreatif. Dalam kegiatan tersebut IFG juga memberikan bantuan alat kebersihan dan pengangkutan sampah.

“Pelaksanaan TJSL tersebut sejalan dengan program prioritas dari Kementerian BUMN yaitu Pendidikan, Lingkungan dan Pengembangan UMK. Adapun rangkaian kegiatan IFG Labuan Bajo Marathon 2022  merupakan wujud aksi nyata kolaborasi segenap bagian holding Holding Asuransi, Penjaminan dan Investasi di bawah naungan IFG untuk bersama-sama menggerakan perekonomian daerah, selaras dengan core Value AKHLAK,” ujar Robertus.

Ketua Pelaksana IFG Labuan Bajo Marathon 2022, Fitri Istanti mengatakan  kegiatan IFG Labuan Bajo Marathon merupakan event marathon berskala besar pertama yang digelar di Labuan Bajo dengan konsep sport tourism, yakni wisata yang dipadukan dengan aktivitas olahraga.  Kurang lebih 1.500 pelari lokal, nasional, dan internasional akan berpartisipasi dalam ajang marathon yang diselenggarakan pertama kalinya di Labuan Bajo.

Adapun Gerakan literasi dan gerakan sampah yang dilakukan sebagai rangkaian kegiatan Labuan Bajo Marathon merupakan kegiatan rutin yang akan dilakukan secara mingguan setiap hari sabtu  hingga post event acara Labuan Bajo Marathon 2022.

"Ajang ini adalah lomba jalan raya atau road race. Akan tetapi, topografi Labuan Bajo yang berbukit membuat konturnya sangat menantang sehingga dapat menjadi pengalaman berkesan bagi para peserta," ujar dia.

Staf Khusus Bupati Manggarai Barat,  LIsa Mersin mengucapkan apresiasinya kepada IFG. Ia berharap acara IFG Labuan Bajo Marathon 2022 dapat berjalan lancar dan menjadi salah satu event yang dapat menggerakan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat Labuan Bajo.

“Kegiatan IFG Labuan Bajo Marathon 2022 merupakan sebuah  ajang yang tepat untuk mendukung bangkitnya pariwisata Labuan Bajo setelah sebelumnya terdampak pandemi. Kegiatan sosial yang dilakukan hari ini semoga dapat memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga lingkungan untuk mengoptimalisasi potensi Labuan bajo sebagai destinasi wisata super prioritas," ujarnya.

Kennedy Diaz, Pegiat Lingkungan Trash Hero Komodo, mengatakan sebagai wilayah destinasi wisata, aspek kebersihan lingkungan masih menjadi salah satu tantangan dalam penataan dan mengembangkan sektor pariwisata di Labuan Bajo. Adanya kegiatan literasi dan edukasi merupakan langkah positif untuk membangun budaya anti sampah plastik.”Semoga kolaborasi yang telah dijalin bersama masyarakat dan komunitas di Labuan Bajo dapat bersifat berkelanjutan sehingga memberikan dampak yang signifikan bagi pembangunan ekosistem kawasan Labuan Bajo yang bersih dan bebas dari sampah,” ungkap dia.

 

Selain kegiatan TJSL, dalam rangkaian kegiatan  IFG Labuan Bajo Marathon 2022, telah dilakukan juga kegiatan Focus Discussion Group pada Jumat (23/09/2022) sebagai wujud kepedulian IFG dalam kegiatan road to IFG Labuan. Mengusung tema “Membangun Ekosistem Labuan Bajo Berbasis Kampanye Anti Sampah Plastik, kegiatan tersebut memiliki tujuan untuk melakukan kampanye kepada masyarakat terkait dampak sampah plastik; membangun kesadaran dan memberikan contoh kepada masyarakat untuk turut serta menjaga lingkungan; serta membangun kesadaran untuk menciptakan lingkungan waterfront yang merupakan tempat fasilitas umum, sebagai tempat yang indah dan bersih tanpa sampah plastik.

Adapun output dalam kegiatan tersebut ialah terbentuknya Komunitas Labuan Bajo BISA (Bersih, Indah, Sehat dan Aman).  Dalam FGD tersebut telah terpilih organisasi kepengurusan dengan Pembina Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi dan Ketua Kennedy Diaz. Komunitas tersebut akan berkolaborasi dengan pegiat lingkungan lainnya untuk memperkuat pengelolaan sampah plastik di Labuan Bajo.

 

**

Tentang Indonesia Financial Group

Pada tahun 2020, IFG ditetapkan sebagai Holding BUMN Keuangan dan Investasi melalui Peraturan Pemerintah No. 15 Tahun 2020 dan Holding BUMN Asuransi dan Penjaminan melalui Peraturan Pemerintah No. 20 Tahun 2020.

Sehubungan dengan pembentukan holding tersebut, berdasarkan surat Kementerian BUMN nomor S- 562/MBU/08/2020 tanggal 6 Agustus 2020, Kementerian BUMN telah menyetujui perubahan brand logo BPUI menjadi IFG.

Saat ini, IFG beranggotakan sepuluh anak perusahaan, yang terdiri dari PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo), PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo), PT Asuransi Kerugian Jasa Raharja (Jasa Raharja), PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo), PT Bahana Sekuritas, PT Bahana TCW Investment Management, PT Bahana Artha Ventura, PT Grahaniaga Tatautama, PT Bahana Kapital Investa dan PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life).

I Gede Suhendra

Kepala Departemen Komunikasi IFG [email protected]

 

PT Jaminan Kredit Indonesia

, Indonesia