PT Jaminan Kredit Indonesia

Telp

(021) 6540335

Jokowi: UMKM Tulang Punggung Ekonomi RI & ASEAN

Jokowi: UMKM Tulang Punggung Ekonomi RI & ASEAN

Jokowi: UMKM Tulang Punggung Ekonomi RI & ASEAN

San Fransisco | Ada dua prioritas yang perlu mendapatkan perhatian ASEAN dan Amerika Serikat (AS), yakni adalah kerja sama UMKM serta teknologi dan ekonomi digital.

Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang didampingi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, di San Francisco, Selasa waktu setempat, seperti dikutip dalam siaran persnya, di Jakarta, Rabu (17/2/2016).

"UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia dan ASEAN. Sekitar 88,8-99,9 persen bentuk usaha di ASEAN adalah UMKM, dan menyerap 51,7-97,2 persen tenaga kerja di ASEAN," beber dia.
Di Indonesia, lanjut Jokowi, UMKM memiliki daya tahan tinggi yang mampu menopang perekonomian negara, bahkan saat terjadi krisis global.

Jokowi menambahkan, UMKM kerap menghadapi tantangan, terutama dalam hal peningkatan kapasitas, akses modal dan pendanaan alternatif, akses teknologi, akses pasar global, serta integrasi mata rantai regional dan global.

Oleh karena itu, Jokowi memandang perlunya kerja sama ASEAN-AS untuk memastikan adanya dukungan yang berkelanjutan bagi pengembangan dan ketahanan UMKM, khususnya dalam hal akses pasar dan alih pengetahuan dari perusahaan besar kepada UMKM.

"Teknologi dan ekonomi digital adalah keniscayaan di era digitalisasi. Setiap pemerintah harus memastikan bahwa era ini membawa manfaat bagi rakyat, khususnya UMKM. UMKM harus mendapat akses terhadap teknologi dan ekonomi digital," tegas Jokowi.

Indonesia memiliki visi menjadi negara digital ekonomi terbesar pada 2020. Oleh karenanya, Indonesia sangat mendukung kerja sama ASEAN-AS di bidang teknologi informatika, khususnya pemanfaatan ekonomi digital untuk umum. (sumber: metrotvnews.com)

Logo jamkrindo

PT Jaminan Kredit Indonesia

, Indonesia