Berita

Jamkrindo Sosialisasikan Program KUR kepada UMKM di Kudus

Berita | Sabtu, 14 Maret 2020 12:59

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran dan kontribusi yang penting dalam perekonomian Indonesia. Data Kementerian Koperasi dan UKM tahun 2018 mencatat kontribusi UMKM Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 61 persen dari total 64,18 juta UMKM. UMKM juga menyumbang 14,3 persen ekspor Indonesia ke berbagai negara.

Strategisnya peranan UMKM dalam perekonomian nasional, mendorong Pemerintah untuk terus menerus mengembangkan UMKM. Salah satu program pemerintah dalam pengembangan UMKM adalah meningkatkan akses pembiayaan UMKM kepada layanan keuangan formal berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Sebagai salah satu perusahaan penjaminan kredit  yang mempunyai orientasi untuk meningkatkan aksesibilitas finansial UMKM dan koperasi, PT Jamkrindo (Persero) berkomitmen untuk turut andil dalam  mendukung pertumbuhan KUR.  Salah satunya dengan aktif menyosialisasikan program KUR ke daerah-daerah. Pada Jumat, 13 Maret 2020, Jamkrindo berpartisipasi menyosialisasikan Program KUR di daerah Kudus bersama dengan Komite Kebijakan Pembiayaan bagi UMKM.

Direktur Bisnis Penjaminan Jamkrindo Amin Mas’udi mengatakan, kebijakan penurunan suku bunga KUR dan juga kenaikan platfond KUR, menjadi momentum stakeholder terkait melakukan sosialisasi masif ke daerah-daerah. Partisipasi Jamkrindo dalam acara sosialisasi tersebut, merupakan wujud dukungan Jamkrindo terhadap peningkatan kapabilitas UMKM nasional.

“Pemerintah kembali menurunkan suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) menjadi 6 persen per tahun, dari semula 7 persen, hal ini tentunya berita baik yang harus secara masif disosialisasikan kepada para pelaku UMKM,” ujar Amin.

Lebih jauh ia mengatakan, komitmen Jamkrindo terhadap program KUR telah dibuktikan dengan penjaminan kredit KUR yang berkelanjutan. Pada 2017, Jamkrindo menjamin kredit KUR senilai  Rp  50,47 triliun, disusul tahun 2018 sebesar Rp 50,53 triliun, dan 2019 mencapai 59,01 triliun dengan UMKM yang dijamin sebanyak 6 juta UMKM. “Tahun ini kami berharap bisa menjamin sekitar Rp 95 triliun,” ujar Amin.

Sebagai perusahaan penjamin terpercaya, Jamkrindo mendapatkan apresiasi sebagai perusahaan penjamin KUR terbaik dalam ajang KUR Award dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Penghargaan ini merupakan penghargaan kedua kalinya bagi Jamkrindo setelah tahun 2018 memperoleh penghargaan yang sama. “Kami senantiasa berkomitmen mendukung kemajuan UMKM tanah air. Kami sangat antusias untuk turut berpartisipasi dalam program KUR,” tutup Amin. (*)